Friday, April 20, 2012

Modern Kartini

Hey hey hey. I'm back. Menyambut datang hari Kartini, kali aku bakal ngereview beberapa film yang temanya tentang perjuangan Kartini - Kartini lain di belahan dunia lainnya. Langsung aja, tanpa banyak basa basi busuk hahaha. Here we goooooo !!

Iron Lady
Memeran Margaret Thatcer yang kala itu menjabar sebagai perdana menteri Inggris pada tahun 80an, akting Meryl Streep was so amazing. Film ini menceritakan tentang kehidupan politik seorang Margaret Hatcher dan juga kehidupan pribadinya. Film ini secara gamblang mengekspos semua hal yang terjadi disaat masa pemerintahnnya.
Sosok Kartini modern yang menjadi perdana menteri wanita pertama di Inggris. Ini film yang recomended baaaangeeetttt. Pokonya harus kudu wajib ditonton.
The Lady
Film yang kedua ini juga memilik tema yang sama seperti film Iron Lady diatas. Perjuangan seorang aktivis HAM asal Myanmar, Aung Sang Suu Kyi. Diperankan dengan sangat apik oleh Michelle Yeoh. Film ini menceritakan perjuangan Aung Sang Suu Kyi dalam membebaskan rakyatnya dari pemerintahan junta militer. Perjuangan Suu Kyi harus terhenti karena ia terpaksa dijadikan tahanan rumah oleh pemerintaha junta militer yang tidak suka terhadap aktivitasnya. The Lady secara gamblang menyampaikan realitas kesepian dari kehidupan Suu Kyi dalam “penjara”-nya, serta tragedi kehidupannya yang memilukan. Dengan menolak visa suami dan anaknya, rezim militer memaksa Suu Kyi untuk memilih antara keluarga atau negaranya. Akhirnya, dia tidak sempat bertemu kembali dengan keluarganya bahkan ketika sang suami, Aris berjuang dengan penyakit kankernya, hingga akhirnya meninggal.
2 jempol untuk fim ini. Film ini juga harus kudu wajib dan mesti ditonton 

Nah, itu dia beberapa film tentang Kartini lainnya. Sebenarnya masih banyak film yang bertema woman heroes seperti ini. Tapi kali ini cukup 2 aja ya yang dibahas. Next time kita bahas yang lain lagi. See you kiiidddss <3


No comments: